Donasi buku kirim disini Contact Us Buy Now!

Teori Asal-Usul Bahasa Dalam Literatur Barat

Nadhira


Teori Asal-Usul Bahasa dalam Literatur Barat

a. Teori Tekanan Sosial

Teori ini dikemukankan oleh Adam Smith dalam bukunya The Theory of Moral Sentiments. Teori ini bertolak dari anggapan bahwa bahasa manusia timbul karena manusia primitif dihadapkan pada kebutuhan untuk saling memahami. Apabila mereka ingin menyatakan objek, maka mereka terdorong pula untuk mengucapkan bunyi-bunyi tertentu. Bunyi-bunyi yang selalu mengiringi usaha mereka untuk menyatakan objek-objek yang mereka kenal baik, akan dipolakan oleh anggota kelompok dan akan dikenal dengan tanda untuk menyatakan hal-hal itu. Demikian pula terjadi kalau pengalaman mereka bertembah. Mereka akan berusaha pula untuk menyampaikan pengalanpengalaman baru itu dengan bunyi-bunyi tertentu pula. 

b. Teori Onomatopetik atau Ekoik 

Teori onomatopetik atau ekoik (imitasi bunyi atau gema) mula-mula dikemukakan antara lain oleh J.G. Herder. Teori ini mengatakan bahwa objek-objek diberinama sesuai bunyi-bunyi yang dihasilkan oleh objekobjek itu. Objek-objek yang dimaksud adalah bunyi-bunyi binatang atau peristiwa-peristiwa alam. Manusia akan berusaha meniru bunyi anjing, bunyi ayam atau desis angin, debur gelombang, dan sebagainya akan menyebut objek-objek atau perbuatannya dengan bunyibunyi itu. Dengan cara ini terciptalah kata-kata dalam bahasa. Teori ini disebut juga teori bow-bow.

c. Teori Interjeksi 

Teori ini bertolak dari asumsi bahwa bahasa lahir dari ujaran-ujaran instinktif karena tekana-tekanan batin, karena perasaan-perasaan mendalam, dan karena rasa sakit yang dialami manusia. Penganut teori ini biasanya tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana caranya bahasa itu muncul dalam kenyataan. Teori dijuluki dengan nama teori pooh-pooh. Teori dilancarkan oleh sejumlah filsuf di antaranya Étienne, Bonnet Candillac, dan linguis Amerika Whitney.    

d. Teori Nativisti atau Tipe Fonetik

Teori ini dirumuskan oleh Max Müller, seorang linguis Jerman. Teori ini berasumsi bahwa setiap barang akan memberi reaksi tertentu jika ada suatu stimulus. Reaksi itu pada manusia separuhnya berbentuk vokal, yang dalam hal ini berbentuk tipe-tipe fonetik yang menjadi akar bagi perkembangan bahasa. Teori Müller ini disebut dengan teori ding-dong.

Baca Juga: Teori Asal-Usul Bahasa dalam Literatur Islam

e. Teori ‘Yi-He-Ho’ 

Orang-orang primitif yang belum mengenal peralatan yang maju, akan mengahadapi pekerjaan-pekerjaan yang berat tanpa peralatan. Mereka selalu bersama-sama dalam melakukan pekerjaan tersebut. Untuk memberi semangat pada sesamanya, mereka mengucapkan bunyi-bunyi yang khas, yang dihubungkan dengan pekerjaannya tersebut. Oleh karena itu bunyi-bunyi itu dipakai untuk menyebut nama pekerjaan itu. Oleh sebab itu teori ini disebut teori Yo-he-ho. Teori ini dikemukakan oleh seorang sarjana filologi Prancis, Noiré.

f. Teori Isyarat 

Teori ini diajukan oleh Wilhelm Wundt, seorang psikolog ternama abad ke-19. Teori isyarat ini didasarkan pada hukum-hukum psikologi yang dicptakan Wundt. Teori ini beranggapan bahwa tiap perasaan manusia mempunyai bentuk ekspresi  yang khusus, yang merupakan hubungan tertentu antara syaraf reseptor dan syaraf efektor. Bila diamati dengan cermat, maka tiap ekspresi akan mengungkapkan perasaan tertentu yang dialami oleh seseorang dan dapat dikomunikasikan dengan orang lain.

g. Teori Permainan Vokal 

Menurut teori ini bahasa manusia pada mulanya berwujud dengungan dan senandung yang tak berkeputusan yang tidak mengungkapkan apa pun. Sama seperti suara senandung orang tua untuk membuai dan menyenangkan seorang bayi. Bahasa timbul dari permainan vokal, dan organ ujaran mulamula dilatih dalam permainan untuk mengisi waktu senggang.  


إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.