Donasi buku kirim disini Contact Us Buy Now!

Teori Asal-Usul Bahasa dalam Literatur Islam

Nadhira

Teori Asal-Usul Bahasa dalam Literatur Islam

A. Ibnu Jinny (320-392 H) 

Ibnu Jinny adalah seorang ahli nahwu (tatabahasawan) Arab periode terakhir Bagdad. Nama lengkapnya Abu al-Fath Utsman bin Jinny. Ia dilahirkan di Maushal pada tahun 330 H. Ia telah memiliki karya yang cukup banyak, dan yang sangat populer adalah kitab al-Luma’, sirru shinaati al-‘Irab dan al-khashaaish (Rawwaa, 2003:508). Pandangan tentang teori asal-usul bahasa dari Ibnu Jinny, diambil dari kitab alkhashaaish (tth: 40-48), bab:  alqawl ‘ala ashli al-lughah a’ilhaamun am ishthilaahun (Pandangan tentang Asal-usul bahasa, apakah terjadi secara ilham atau ishtilah).

B. Fiqh al-Lughah

Secara harfiah fiqh al- lughah yaitu al- fiqhu yang artinya memahami secara mendalam,dan al- lughah yang artinya ucapan- ucapan yang dimengerti oleh sekelompok manusia dan dengan itu juga mereka melahirkan maksud dan kehendaknya.

Sedangkan pengertian fiqh al- lughah secara umum yaitu kaidah- kaidah dan hukum- hukum umum tentang kehidupan bahasa- bahasa sejak pertumbuhanya dan masa- masa yang dilaluinya, factor- factor yang menyebabkan bercabangnya dari pokok awalnya hingga hubungan dan kaitanya dengan aspek- aspek yang berbeda- beda dan bermacamm- macam.

C. Ilm al-Lughah

Frase ‘ilmu al-lughah (علم اللغة), terdiri dari dua kata; ‘ilm (علم) dan lughah (اللغة). Secara etimologis, ‘ilm (علم) berarti ‘ilmu’, dan lughah (لغة) berarti ‘bahasa’. Jadi secara etimologis ‘ ilmu al-lughah (علم اللغة) = ilmu bahasa = linguistik = linguistics = linguistique = linguistiek. Istilah lisaniyat (اللسانيات)dan alsuniyah (الألسنية)masing-masing diderivasi dari nomina lisan (لسان) ‘lidah’ atau ‘bahasa’. Sedangkan istilah ‘lughawiyat(اللغويات) , diderivasi dari nomina lughah (لغة) ‘bahasa’. Morfem (sufiks) –yat (يات) yang melekat pada akhir kata-kata itu bermakna ‘mengenai/tentang’ dan menunjukkan makna ‘ilmu’ (keilmuan) sebagai akibat dari penisbatan. Ketiga istilah terakhir (lisaniyat, alsuniyah, dan lughawiyat) merupakan istilah lain yang maknanya dan pemakaiannya sepadan dengan istilah ilm al-lughah.

Baca Juga: Teori Asal-Usul Bahasa Dalam Literatur Barat

Perbedaan fiqh al-lughah dan ‘ilm al-lughah:

Adapun perbedaan antara fiqh al-lughah dan ‘ilm al-lughah adalah Objek-objek yang diulas dalam ilmu lughah adalah mempelajari bahasa dari SISI kebahasaannya. Seperti fungsi, tujuan. dan lain sebagainya. Sedangkan Fiqh Lughah mengungkap bahasa dari isi kandungan bahasa, dan fiqh lughah lebih luas karena menyangkut masalah semantik, isytiqaq, morfologi, fonologi, dan banyak lagi,

Ilmu lughah dan Fiqh Lughah jika diistilahkan merupakan Linguistik. namun berbeda sudut pandang objek kajiannya. 

Ada juga kelompok yang membedakan antara fiqh al-lughah dengan ilmu al-lughah sebagaimana yang dikemukakan oleh Ya’qub (1982: 33-36) adalah sebagai berikut.

1. Cara pandang ilm al-lughah terhadap bahasa berbeda dengan cara pandang fiqh al-lughah. Yang pertama memandang/mengkaji bahasa untuk bahasa, sedangkan yang kedua mengkaji bahasa sebagai sarana untuk mengungkap budaya.

2. Ruang lingkup kajian fiqh al-lughah lebih luas dibanding ilmu al-lughah. Fiqh luggah ditujukan untuk mengungkap aspek budaya dan sastra. Para sarjananya melalukan komparasi antara satu bahasa dengan bahasa lain. Bahkan membuat rekonstruksi teks-teks klasiknya guna mengungkap nilai-nilai budaya yang dikandungnya. Sedangkan ilmu al-lughah hanya memusatkan diri pada kajian struktur internal bahasa saja.

3. Secara historis, istilah fiqh al-lughah sudah lebih lama digunakan dibanding istilah ilmu al-lughah.

4. Sejak dicetuskannya, ilmu al-lughah sudah dilabeli kata ilmiah secara konsisten, sedangkan fiqh al-lughah masih diragukan keilmiahannya.

5. Mayoritas kajian fiqh al-lughah bersifat historis komparatif, sedangkan ilmu al-lughah lebih bersifat deskriptif sinkronis.


Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.