Notification texts go here Contact Us Buy Now!
Posts

Paragraf: Pengertian, Ciri-Ciri dan Jenis-Jenisnya

Ciri-Ciri Paragraf
Pengertian Paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf merupakan suatu kumpulan dari kesatuan pikiran yang kedudukannya lebih tinggi serta lebih luas dari pada kalimat. Paragraf terdiri beberapa kalimat yang berhubungan antara satu dengan yang lain dalam suatu rangkaian yang menghasilkan sebuah informasi. Paragraf juga bisa disebut sebagai penuangan ide dari penulis melalui beberapa kalimat yang berkaitan dan mempunyai satu tema. Paragraf juga bisa disebut sebagai karangan yang singkat.

Ciri-Ciri Paragraf

Adapun ciri-cirinya ialah sebagai berikut:

  1. Pada Kalimat baris pertama terletak agak dalam yaitu dengan jarak lima ketukan spasi untuk jenis karangan yang biasa. Untuk kalimat pada baris selanjutnya ini biasanya lebih maju dari kalimat pada baris pertama.
  2. Paragraf mempunyai dua jenis kalimat yakni kalimat utama dan juga kalimat penjelas.
  3. Sebuah paragraf biasanya memakai satu kalimat utama dan juga beberapa kalimat penjelas. Kalimat utama atau disebut kalimat topik adalah kalimat pokok atau gambaran umum tentang ide yang ingin di sampaikan. Sedangkan kalimat penjelas ialah gambaran rinci dari ide yang akan di sampaikan. Dengan kata lain kalimat penjelas menguraikan ataupun menerangkan pikiran utama yang terdapat pada kalimat topik.

Jenis – Jenis Paragraf

1. Paragraf Narasi

Paragraf Narasi ialah paragraf yang menceritakan suatu kejadian berdasarkan urutan waktunya. Paragraf narasi terdiri dua jenis yakni narasi kejadian dan juga narasi runtut cerita. Paragraf narasi kejadian ialah paragraf yang menceritakan suatu kejadian. Sedangkan paragraf narasi runtut cerita ialah paragraf yang pola pengembangannya dimulai dengan sebuah tindakan yang menghasilkan sesuatu berlanjut ke tahap berikutnya hingga tahap akhir dari cerita.

2. Paragraf Eksposisi

Paragraf Eksposisi adalah paragraf yang bertujuan untuk memaparkan, menyampaikan informasi, menjelaskan dan juga menerangkan suatu topik kepada orang lain. Tujuan paragraf eksposisi adalah untuk memberikan informasi kepada orang lain.

3. Paragraf Argumentasi

Paragraf Argumentasi adalah paragraf yang digunakan untuk mengungkapkan ide, gagasan, ataupun pendapat penulis yang disertai bukti dan fakta (yang benar terjadi). Paragraf argumentasi bertujuan untuk meyakinkan orang lain bahwa ide, gagasan, dan pendapat tersebut ialah benar adanya dan terbukti nyata.

4. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi adalah paragraf yang memiliki tujuan untuk membujuk orang lain supaya melakukan sesuatu yang diinginkan oleh penulisnya. Agar tujuan tersebut bisa tercapai, penulis harus bisa pembaca percaya dengan disertai dengan pembuktian yang nyata.

5. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal paragraf. Dan kalimat penjelasnya diletakkan setelah kalimat utama.

6. Paragraf Induktif

Paragraf induktif adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf. kalimat penjelasnya diletakkan sebelum kalimat utama.

7. Paragraf Campuran (deduktif-induktif)

Paragraf campuran (deduktif-induktif) adalah paragraf yang kalimat utamanya terletak di awal dan akhir paragraf dan kalimat penjelasnya berada di tengah-tengah paragraf.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.