Donasi buku kirim disini Contact Us Buy Now!

Objek dan Ruang Lingkup Kajian Semantik

Nadhira
Objek dan Ruang Lingkup Kajian Semantik
Objek dan Ruang Lingkup Kajian Semantik

A. Objek Lingkup Kajian Semantik

        Objek kajian semantik adalah satuan bahasa yang memiliki atau menyatakan makna. Leech (1983: 8-10) menjelaskan bahwa objek kajian semantik adalah makna satuan bahasa yang tidak di hubungkan dengan konteks tuturan. Objek studi semantik mengkaji tanda bahasa dengan konsep yang baik secara leksikal maupun gramatikal.

        Apabila didalam bahasa memiliki tataran-tataran analisis, yaitu fonologi, morfologi, dan sintaksis maka bagian mana permasalahan semantik dari tataran analisis yang mengandung persoalan tentang makna. Lebih tepatnya yaitu makan dari satuan-satuan bahasa seperti kata, frase, klausa, kalimat, dan wacana3.

        Pada tataran fonologi dalam kajian semantik berupa analisis fonem yang membedakan makna kata. Pada tataran morfologi dalam kajian semantik berupa struktur intern kata dan proses pembentukkan kata. Pada tataran sintaksis dalam kajian semantik berupa hubungan kata dengan kata yang membentuk satuan bahasa berupa frase, klausa dan kalimat.

Baca Juga: Kedudukan Dan Kegunaan Semantik

B. Ruang Lingkup Kajian Semantik

        Oleh karena itu, dari uraian diatas dapat di simpulkan, bahwa semantik adalah subsistem kajian bahasa yang mengkaji makna satuan bahasa yang tidak disertai dengan konteks non linguistik. Ruang lingkup kajian semantik berupa makna satuan bahasa dalam kata, frasa, klausa, kalimat dan wacana.

إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.