Donasi buku kirim disini Contact Us Buy Now!

Biografi May Ziadah Dan Karya-Karyanya

 

Biografi May Ziadah Dan Karya-Karyanya
Biografi May Ziadah

ِA. Biografi May Ziadah

        May Ziadah adalah seorang penyair yang lahir di Nazareth, pada 11 februari tahun 1886, May Ziadah memiliki nama asli Maria Elias Ziadah. Ibunya May berasal dari suriah, sedangkan ayahnya bernama Eliyas Ziadah berasal dari Lebanon merupakan seorang maronit dan guru di sekolah tanah suci. May sempat tinggal di Nazareth dan Lebanon sebelum akhirnya pindah ke Kairo, Mesir pada tahun 1907. May menempuh pendidikan dasarnya di Nazareth, kemudian melanjutkan pendidikan menengahnya di biara bersama para biarawati di daerah Antouira, kemudian melanjutkan ke fakultas seni di kairo.

        May termasuk penulis yang unggul dalam bidang jurnalisme, dia biasa menulis di media pers Mesir dengan menyoroti permasalahan sosial di Mesir, hak-hak perempuan dan masih banyak lagi. May bahkan mempunyai rubrik khusus dengan nama “diaries of a girl” yang biasa ditulis dengan menggunakan nama samara seperti Sheija, Khaled, Raafat, Aida, dan lain-lain. Pada 1913 May mendirikan salon sastra yang menyajikan minuman mawar dan menemani tamunya berbincang tentang segala hal. 

        May juga mengembangkan seni korespondensi kepada para politikus, wartawan, aktivis perempuan, jurnalis, penyair di suriah, Lebanon dan mesir. Pesan yang dikirim May berisi pertanyaan serta wawasannya yang amat luas, dari sini pula May mengenal Kahlil Gibran dan jatuh cinta padanya. May menguasai 9 bahasa, diantaranya Arab, Prancis, Italia, Jerman, Inggris, Spanyol, Latin, Yunani, dan Siria.

        Karya-karya May sangat bagus, pada awalnya May menulis sekumpulan puisi dalam bahasa prancis dan menggunakan Isis Copia sebagai nama pena nya hingga kemudian karyanya berkembang menjadi prosa dan ditulis dalam bahasa Arab. May meninggal di kairo pada tanggal 17 oktober 1941.

B. Karya-Karya May Ziadah

1. Bâhithat el-Badiya ( باحثة البادية ) Seeker di Gurun", nama pena dari Malak Hifni Nasif
2. Sawâneh fatât ( سوانح فتاة ) Platters dari Crumbs
3. Zulumât wa Ichâ'ât ( ظلمات وأشعة ) Penghinaan dan Rumor 
4. Kalimat wa Ichârât ( كلمات وأشارات ) Kata-kata dan Tanda
5. Al Saha ef' ( الصحائف) The Koran
6. Ghayat Al-Hayat (غاية الحياة) Arti hidup
7. Al-Musâwât ( المساواة) Kesetaraan
8. bayna l-Jazri wa l-Madd ( بين الجزر والمد ) Antara Ebb dan Arus

Baca Juga: Biografi Khalil Gibran

C. Tonton Vidio Biografi May Ziadah






إرسال تعليق

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.